IPMKN-Y

IPMKN-Y

Saturday 26 September 2015

IDUL ADHA IPMKNY 2015

By OIn  |  8:42:00 pm No comments

Idul Adha atau Idul Qurban yakni Hari Raya umat Islam se dunia yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahun pada kalender Hijriyah. Pada hari ini diperingati peristiwa qurban, yakni saat Nabi Ibrahim yang waktu itu bersedia buat mengorbankan putranya, Ismail buat menaati perintah Allah SWT. Walau demikian Allah SWT menukar Ismail dengan domba. 

Qurban, secara harfiah dapat diambil kesimpulan berarti hewan sembelihan. Di dalam terminologi syariah arti Qurban yakni hewan yang disembelih waktu hari Raya Idul Adha. Karena lebaran dengan niat melaksanakan ibadah buat mendekatkan diri pada Allah SWT. Berqurban dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah yang bertepatan dengan datangnya Hari Raya Idul Adha, lalu tanggal 11, 12, 13, hari tasyrik di bulan Hijriyah.

Idul Adha pun tentunya memiliki makna yang begitu penting dalam kehidupan setiap umat muslim. Makna ini perlu lah untuk dipahami agar seluruh umat Islam pun dapat mengkaji ulang serta dapat melalui berbagai cobaan yang telah dihadirkan Allah SWT.
Makna Idul Adha yang pertama adalah menyadari bahwa umat manusia ini merupakan umat yang kecil, meski berbagi kebesaran disandangnya. Hal inilah yang memaknai umat Islam untuk mengumandangan takbir ketika menyambut datangna Hari Raya Idul Adha. Kemudian makna yang kedua adalah, umat manusia menyadari bahwa tak ada lagi yang dapat di Tuhankan selain Allah.
Makna yang selanjutnya adalah, menyadari bahwa pada hakikatnya yang memiliki puja dan pujia tak lain hanyalah Allah SWT. Makna Idul Adha yang keempat adalah menyadiri akan manusia ini yang mengibaratkan sedang hijrah ataupun sedang berpergian. Serta Idul Adha bermakna untuk menyadari kembali akan nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada seluruh hambanya.



Author: OIn

Author, IPMKN Yogyakarta adalah organisasi yang mewadahi Pelajar-Mahasiswa Kabupaten Natuna yang menuntut ilmu di Yogyakarta..

0 comments:

E-mail Newsletter

Recent Articles

TOP